Banda Aceh – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh memprogramkan paket wisata khusus yang dinamai Pesona Ramadhan agar para tamu menikmati suasana bulan puasa di Tanah Rencong.

“Suasana puasa di Aceh tentu berbeda dengan daerah lainnya,” kata Kepala Disbudpar Aceh Reza Fahlevi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan paket wisata Pesona wisata yang ditawarkan tersebut meliputi berbuka, shalat tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh serta shalat subuh.

“Paket ini ditawarkan hanya selama bulan Ramadhan,” katanya.

Ia mengatakan para pelancong juga dapat menikmati keindahan Masjid Raya Baiturrahman yang saat ini sudah dilengkapi 12 payung raksasa dengan halaman yang dilapisi marmer.

“Pelancong tidak hanya dapat beribadah di sana, tapi juga mengabadikan momen-momen saat berada di masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini,” katanya.

Selain itu, dalam paket tersebut juga ada program “qiyamul lail” yang ditawarkan kepada pelancong Muslim.

Reza mengatakan paket Pesona Ramadhan dirangkai dengan ziarah berkunjung ke Museum Tsunami, PLTD Apung, dan para trevel juga dapat melayani permintaan khusus dari rombongan wisatawan.

Ada pun permintaan yang kerap di minta para wisatawan seperti berbuka puasa bersama masyarakat di gampong/desa berbuka puasa bersama di Panti Asuhan, mengunjungi pasantren dan tempat lainnya.

“Artinya, Paket Pesona Ramadhan yang ditawarkan ini pasti berbeda dengan daerah lainnya. Para tamu akan menikmati seluruh tradisi yang kerap di laksanakan masyarakat Aceh umumnya selama bulan suci Ramadhan,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat Malaysia menjadi target dari program tersebut.

 

(antara)

Facebook Comments