Jakarta – Wali Kota Banda Aceh, H.Aminullah Usman, SE,Ak MM,  Senin (25/9) malam bertemu pejabat tinggi Kementerian Perindustrian RI di kantor Kementerian Perindustrian di Jakarta.

Dalam pertemuan ini, Wali Kota Banda Aceh diterima langsung Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian, pada Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Zakiyudin di ruang kerjanya.

Wali Kota meminta dukungan dari Kementerian Perindustrian untuk membantu kegiatan ekonomi kreatif di Kota Banda Aceh, apalagi Banda Aceh termasuk daerah dengan pengangguran tertinggi di Aceh.

“Kemiskinan Banda Aceh paling rendah, tetapi pengangguran sangat tinggi, dan ini menjadi prioritas utama kami selaku pemerintah kota agar semakin banyak tercipta industri kreatif yang akhirnya akan membuka banyak lapangan kerja baru,” ujarnya.

Wali Kota berharap Kementerian Perindustrian bisa membantu kota Banda Aceh melalui dana APBN. “Saya datang langsung menemui petinggi Kementerian Perindustrian agar awal tahun depan, program yang kami usulkan ini bisa direalisasikan di Aceh dan masuk pembahasan RAPBN 2018,” kata Aminullah Usman.

Sementara itu, Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian, pada Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian RI, Zakiyudin mengatakan instansinya siap membantu pemerintah kota Banda Aceh dalam berbagai bentuk program yang ada dibawah wewenangnya.

“Semoga awal tahun depan, kegiatan pelatihan dan pendidikan di bidang industri kecil dan menengah bisa segera terlaksana di Banda Aceh, kami akan mengupayakan dana APBN untuk membantu kegiatan industri di sana,” ujar Zakiyudin.

Sementara itu, Anggota DPRK Banda Aceh dari Fraksi NasDem, Abdul Rafur memuji langkah Wali Kota yang menjemput bola ke Jakarta.

“Disinilah bisa kita lihat bagaimana kinerja Wali Kota Banda Aceh, Pak Aminullah Usman, beliau tidak hanya piawai bermain bola, tetapi juga memiliki kemampuan menjemput ‘bola’ dari Jakarta agar mengucurkan dana untuk kegiatan industri di Banda Aceh. Beliau ini pakar ekonomi tingkat nasional, jadi punya cara khusus untuk peningkatan pemberdayaan ekonomi kecil dan menengah di Banda Aceh, kami  wakil rakyat,  bisa membaca tekad dan kerja keras Pak Amin,” kata Rafur yang juga tokoh muda Banda Aceh ini.

Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika di Kementerian Perindustrian RI mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendalaman dan penguatan struktur industri, peningkatan daya saing, pengembangan iklim usaha, promosi industri dan jasa industri, standardisasi industri, teknologi industri, pengembangan industri strategis dan industri hijau, serta peningkatan penggunaan produk dalam negeri pada industri logam, industri mesin, industri alat transportasi dan maritim, serta industri elektronika dan telematika.

(red)

Facebook Comments