69 Gampong Terendam Dihantam Banjir di Ibu Kota Aceh Utara

0

ACEH UTARA-Banjir di Lhoksukon, pusat Ibu Kota Aceh Utara dilaporkan semakin meluas. Hingga siang ini sudah 69 gampong dikepung banjir. Ketinggian air mencapai 1,5 meter, Senin (4/12).

Dari informasi yang dihimpun hingga pukul 10.00 WIB, luapan DAS Keureuto masih terjadi. Hingga saat ini banjir luapan telah merendam 69 dari 70 gampong di Kecamatan Lhoksukon.

“Saat ini banjir sudah merendam 69 gampong. Di Kemukiman Lhoksukon Teungoh ada 32 gampong, Kemukiman Lhoksukon Barat 15 gampong, Kemukiman Matang Ubi 14 gampong dan Kemukiman Ara Bungkok 8 gampong,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji melalui Kapolsek Lhoksukon AKP Teguh Yano Budi saat dikonfirmasi.

Ketinggian air banjir rata-rata berkisar antara 40 centimeter sampai 1,5 meter. Meski demikian mayoritas warga masih bertahan di rumah masing-masing.

“Ada sejumlah titik pengungsian di meunasah gampong masing-masing dan juga membuka dapur umum. Sejauh ini kondisi masih terkendali,” ungkap Teguh.

Hingga berita ini diunggah, debit air Krueng Keureto masih tergolong tinggi. Pihaknya meminta warga meningkatkan kewaspadaan. Sementara itu, proses tanggap darurat masih terus berlangsung.[ajnn]

Facebook Comments