Adik Kandung Irwandi Yusuf, Kandidat Wagub Aceh?

Laporan ,

Banda Aceh - Pasca putusan kasasi MA terhadap Irwandi Yusuf, pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur definitif hanya menunggu waktu.

Sejumlah nama digadang-gadang akan mengisi posisi Wagub Aceh untuk mendampingi Nova.

Pasangan Irwandi - Nova diusung oleh koalisi lima partai politik yakni Demokrat, PNA, PKB, PDA dan PDIP.

Sebagai pemilik kursi terbanyak kedua setelah Demokrat, PNA berpeluang besar mendapat porsi Wagub. Meski demikian PKB dan PDA juga berupaya mengusulkan nama calon Wagub untuk dipilih oleh DPRA.

Dari dua nama yang diusulkan oleh koalisi, nama Muhammad Zaini menjadi kandidat terkuat selain nama Samsul Bahri atau Tiyong.

Muhammad Zaini adalah Ketua PNA Banda Aceh yang juga adik kandung Irwandi Yusuf.

Ketua PSSI Aceh, Nazir Adam menyebut Zaini sebagai calon Wagub Aceh saat bertemu di Hermes Palace Hotel, Jumat (13/03/2020).

Bisa jadi ini merupakan sinyal kuat dari Partai Aceh untuk menggolkan Zaini dalam pemilihan di DPRA.

Nazir Adam merupakan mantan Wabup Pidie yang berafiliasi ke Partai Aceh.

Selain itu, muncul juga nama Irmawan, anggota DPR RI asal Aceh yang juga Ketua Partai PKB Aceh. Lalu ada nama Tgk Muhibussabri yang juga Ketua PDA.

Bagaimana dengan PDIP? Sosok Ketua PDIP Muslahuddin Daud disinyalir mendapat restu dari Jakarta untuk diusulkan sebagai calon Wagub.

Siapapun Wagub Aceh kedepan, nasibnya akan ditentukan oleh 81 anggota DPRA melalui voting tertutup.

Dua nama yang diusulkan koalisi diharapkan sosok yang mampu bekerja cepat membawa perubahan di Aceh. Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, berharap Wagub yang mendampinginya adalah sosok yang bisa bekerja sama.

Apalagi jelang Pilkada 2022, bisa jadi sosok Wagub Aceh ini kelak akan menjadi pendamping atau penantang Nova dalam memperebutkan kursi Aceh 1. (Drs)