*Raih Anugerah KPI 2020*

Aminullah Penuhi Undangan Komisi Penyiaran Indonesia

Banda Aceh – Jika tak ada aral melintang, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman akan memenuhi undangan lembaga negara independen Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada puncak acara Anugerah KPI di Jakarta, Kamis 10 Desember 2020.

Aminullah didapuk menjadi salah satu kepala daerah dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang menerima Anugerah KPI 2020 untuk kategori Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran. Satu lagi, penghargaan diberikan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Khusus untuk Aminullah, penghargaan diberikan atas inovasinya dalam bidang keterbukaan informasi publik. Setidaknya, ada dua program yang menonjol selama pemerintahannya, yakni Wali Kota Menjawab dan Banda Aceh Traffic Update.

“Alhamdulillah, Banda Aceh kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini datang dari Komisi Penyiaran Indonesia. Penghargaan ini sangat bergengsi karena hanya diberikan kepada dua kepala daerah di Indonesia,” kata Kabag Humas Setdako Banda Aceh Said Fauzan, Selasa 8 Desember 2020 di balai kota.

Mengenai program Wali Kota Menjawab, Said menjelaskan sengaja dicanangkan pihaknya untuk menyerap aspirasi secara langsung dari warga kota. “Disiarkan live melalui 10 stasiun radio sebulan sekali, masyarakat boleh bertanya apa saja kepada wali kota. Tidak ada sekat antara kepala daerah dan warganya.”

Kemudian, Banda Aceh Traffic Update memberikan informasi seputar arus lalulintas kepada masyarakat khususnya pengguna kendaraan bermotor. “Informasinya kita sampaikan lewat radio dan juga pelantang suara di setiap persimpangan. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat memilih jalur yang cepat dan tepat ke tempat tujuan serta terhindar dari kemacetan,” ujarnya.