Aminullah Usman, Wali Kota Terbaik Se-Sumatera Versi Kemendikbud RI

0

Jakarta – Prestasi membanggakan diraih oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menganugerahkan penghargaan Anugerah Ki Hajar 2019 di Jakarta, Kamis (14/11/2019) malam.

Sungguh luar biasa, di seluruh Sumatera, untuk level kota hanya Kota Banda Aceh yang mendapatkan award ini. Sedangkan Kabupaten di raih oleh Deli Serdang, Sumatera Utara. Hanya ada dua daerah di Sumatera yang mendapat award bergengsi ini dari total 16 kepala daerah mulai Gubernur, Bupati hingga Wali Kota se Indonesia.

Sebelumnya diberitakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan Anugerah Kihajar 2019 ke 16 kepala daerah provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia. Penganugerahan ini diharapkan bisa menjadi teladan bagi daerah-daerah lain untuk meningkatkan penggunaan IT di bidang pendidikan.

“Tentu penghargaan ini akan diharapkan menjadi motivasi dan contoh untuk daerah-daerah lain. Dan IT menjadi bagian dari proses pendidikan kebudayaan sudah tidak bisa ditawar-tawarkan,” kata Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, di Balai Kartini, di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemendikbud, Gogot Suharwoto menambahkan, tujuan adanya penganugerahan ini dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Khususnya dalam hal memetakan tingkat pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Penyelenggaraan Anugerah Kihajar kepala daerah dimaksudkan untuk memetakan tingkat pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan di daerah sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan,” ucap Gogot.

Gogot juga menjelaskan bahwa ada 155 provinsi, kabupaten/kota yang mengikuti proses seleksi penganugerahan ini. Dari situ tersaring menjadi 34 wilayah. Kemudian semakin mengerucut menjadi 21 wilayah, hingga terpilih lah 16 wilayah yang berhak menerima Anugerah Kihajar 2019.

“Tahap pertama 155 provinsi. Tahap kedua, sesi pertama lolos, diundang di Jakarta utk melakukan presentasi, ada 34 provinsi. Kemudian ada wawancara sekitar 2 jam, tanya jawab, presentasi, kemudian terpilih lah ada 21 kabupaten provinsi,” jelas Gogo.

Gogot juga menjelaskan bahwa ada 7 juri dari berbagai latar belakang yang turut menilai. Ada empat poin penilaian, yaitu terkait kebijakan, program, anggaran, dan dampak bagi masyarakat.

“Pertama adalah Kebijakan. Kalau sudah ada kebijakan ada tak programnya? Program yang kedua. Yang ketiga adalah tentu untuk, anggarannya ada nggak untuk TIK, pendidikannya,” terang Gogot

“Yang keempat adalah dampaknya. Gurunya merasa bermanfaat nggak dengan keberadaan program,” tambah Gogot.

Berikut daftar 16 kepala daerah provinsi, kabupaten/kota yang mendapat Anugerah Kihajar 2019:

1. Kabupaten Gunung Kidul, Hj Badingah
2. Kota Surabaya, Ir Tri Rismaharini
3. Kota Yogyakarta, H Haryadi Suyuti
4. Kabupaten Badung, I Nyoman Giri Prasta
5. Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey
6. Kota Malang, H Sutiaji
7. Kota Bandung, H Oded M Danial
8. Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
9. Kota Semarang, H Hendrar Prihadi
10. Kabupaten Kutai Timur, Ir H Ismunandar
11. Kabupaten Gowa Pertama, Adnan Purichta Ichsan
12. Kabupaten Deli Serdang, H Ashari Tambunan
13. Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman
14. Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano
15. Kota Banjarbaru, H Nadjmi Adhani
16 Kab. Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun

Facebook Comments