Anies-Ridwan Kamil Berpotensi Tumbangkan Duet Prabowo-Puan di Pilpres 2024

Jakarta – Pilpres 2024 diprediksi hanya akan diikuti oleh dua pasangan calon. Pasangan Prabowo – Puan yang diusung oleh PDIP-Gerindra semakin menguat pasca bergabungnya Prabowo ke kubu Jokowi.

Megawati sepertinya akan memberi restu kepada Prabowo untuk menggandeng Puan sebagai cawapres.

Koalisi PDIP dan Gerindra sudah cukup untuk mengusung calon sendiri lantaran suara PDIP mencapai 19 persen dan Gerindra 12 persen. Sedangkan yang dibutuhkan minimal 20 persen kursi DPR RI. Gabungan kursi keduanya mencapai 31 persen.

Sedangkan Anies – Ridwan Kamil berpotensi didukung oleh Nasdem, PAN dan PKS. Koalisi tiga partai ini akan menghasilkan kursi 23 persen, sudah cukup untuk mengusung duet sosok muda ini.

Sedangkan Demokrat, Golkar, PPP diprediksi akan wait and see melihat kondisi terakhir peta politik jelang pilpres.

Bagaimana peluang Anies-Ridwan Kamil melawan duet Prabowo-Puan yang didukung oleh Megawati? Peluangnya cukup besar lantaran kekecewaan para pemilih Prabowo yang bergabung dengan pemerintahan Jokowi.

Jokowi pun diprediksi tidak akan maksimal mendukung Prabowo lantaran tidak ada kepentingan apapun dalam duet Prabowo – Puan. Beda hal jika Prabowo menggandeng Gibran sebagai cawapres, tentu Jokowi akan mati-matian bekerja keras memenangkan putra sulungnya tersebut.

Sosok Sandiaga pun perlahan akan lenyap lantaran hilang dari pemberitaan media. Sedangkan Anies-Ridwan Kamil akan terus mendapat liputan media nasional karena posisi keduanya sangat strategis sebagai Gubernur DKI dan Jawa Barat.

Survei LSI Denny JA juga menempatkan Anies sebagai calon presiden dengan elektabilitas tertinggi saat ini. Kinerja Anies yang baik di DKI terus mendongkrak elektabilitas dan popularitasnya.

Ridwan Kamil perlahan namun pasti merubah Jawa Barat menjadi daerah maju dengan sentuhan arsitektur modern.

Peta politik masih saja bisa berubah, namun sosok Prabowo dan Anies diprediksi akan bertarung di Pilpres 2024. (Editorial)

Facebook Comments