Arab Saudi Bangun Bioskop, Ini Kata Wali Kota Banda Aceh

0

Banda Aceh – Film-film berkualitas semakin banyak bermunculan di layar bioskop, namun sayang warga Aceh harus jauh-jauh ke Medan untuk bisa menonton bioskop.

Lihat saja, bagaimana antusiasnya warga menyaksikan film Ayat-Ayat Cinta yang ditayangkan di Taman Budaya Banda Aceh.

Panitia meraup untung besar, dengan membludaknya penonton Ayat-Ayat Cinta. Kabarnya kursi selalu terisi penuh dan ini sinyal positif dari segi bisnis bioskop.

Saat program Wali Kota Banda Aceh Menjawab, Jumat (16/3) lalu. Wali Kota Banda Aceh mewacanakan mengajak para ulama di Banda Aceh untuk Umrah dan melihat bagaimana Arab Saudi mengelola bioskop di negara yang mengamalkan hukum Syariat Islam ini.

Hukuman pelanggaran syariat di Arab Saudi jauh lebih berat daripada di Aceh. Namun negeri timur tengah ini sedang membangun ribuan bioskop untuk industri ekonomi kreatif.

“Nantinya jika waktu memungkinkan, kami bersama para ulama di Banda Aceh berangkat bersama Umrah dan melihat kondisi industri kreatif yang ada disana, kita ketahui sekarang bioskop sedang dibangun di Arab Saudi, dan juga ada pertunjukkan konser musik Jazz, karena itu kita coba studi banding untuk melihat manfaat dan mudharatnya, kalau nantinya para Ulama mengatakan boleh, kita undang investor bioskop. Kalau Ulama bilang tidak boleh, pasti kami ikuti nasehat Ulama,” katanya.

Terkait pertanyaan warga mengenai aturan konser di Banda Aceh dan pertunjukkan musik, Wali Kota mengatakan, pihaknya akan melibatkan MPU Banda Aceh untuk menerbitkan rekomendasi.

“Jika MPU keluarkan rekomendasi izin acara, pasti pemko akan proses lebih lanjut, namun jika MPU tidak berikan izin, maka dipastikan Pemko tidak akan memberikan rekomendasi izin keramaian,” ujar Aminullah.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Mini Darussalam, Tgk Umar Rafsanjani mengatakan musik tidak dilarang, di masa Rasulullah SAW, ada sahabat yang bersyair dan tidak dilarang oleh Rasul.

“Yang dilarang adalah yang melalaikan, apapun itu jika melalaikan jadinya haram,” katanya.

Senada dengan Tgk Umar Rafsanjani, Tokoh Ulama muda Banda Aceh, Tgk Syukri Pango menjelaskan musik masih diperbolehkan selama syairnya tidak bertentangan dengan syariat.

Terkait izin konser malam hari, pemko Banda Aceh menjelaskan akan segera mengeluarkan aturan terbaru yang sedang dalam proses. (drs)

Facebook Comments