Besok, Upacara Adat Mandailing Penabalan Marga Siregar kepada Putri Presiden Jokowi

0

MEDAN-Upacara adat Mandailing penabalan marga Siregar kepada putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu (Kahiyang) dilangsungkan, Selasa (20/11/2017), di rumah Doli Siregar, Jalan Suka Tangkas No 17, Kelurahan Suka Maju, Medan Johor, Medan. Doli Siregar yang tak lain adalah adik dari Ade Hanifah Siregar, ibu Bobby Afif Nasution, suami Kahiyang.

Sekitar pukul 16.00 WIB, Senin (20/11/2017) tiba di rumah milik Doli Siregar. Di pekarangan rumah dengan luas kurang lebih 400 meter persegi inilah besok upacara penabalan marga diselenggarakan.

Di sekeliling pekarangan telah terpasang terpal penutup berwarna putih. Di bagian dalam dilapis kain tipis berwarna warni yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat manis. Pada bagian atas dibentuk seperti hiasan dan dipasang lampu hias.

Sebanyak enam meja bulat ditata bersebelahan tidak jauh dari gerbang masuk ruang penabalan. Kursi-kursi untuk para tamu pun sudah dipersiapkan.

“Sekitar 250-300 orang besok tamu yang hadir,” kata Alwi, pekerja di Hotel Daksina milik Doli.

Rapat pematangan jelang pelaksanaan upacara penabalan tengah berlangsung. Semula peserta rapat berjumlah sepuluh orang, perlahan bertambah menjadi lebih banyak.

“Iya, lagi rapat persiapan akhir,” kata salah seorang peserta rapat.

Di luar ruang penabalan di sekitar rumah Doli, aparat keamanan baik tentara maupun polisi berdatangan. Sekitar pukul 16.40 WIB, Wakapolrestabes Medan AKBP Tatan Dirsan tiba bersama beberapa orang perwira bawahannya. Mereka langsung membaur dengan aparat lainnya.

Perbaikan peralatan hajatan tampak dilakukan seorang tukang. Dengan menggunakan tangga lipat yang terbuat dari besi dia berusaha merapikan renda-renda di sekeliling terpal penutup ruang penabalan.

Dalam waktu yang bersamaan sebuah mobil tiba di lokasi acara guna mengantarkan seperangkat peralatan dapur seperti pemasak nasi listrik, sendok, piring, alat penggoreng telur atau pemanggang roti dan sebagainya. Tidak dijelaskan apakah peralatan dapur tersebut merupakan mahar dari Bobby untuk Kahiyang.

Saat berita ini dituliskan rapat panitia penabalan marga masih berlangsung. Aparat keamanan yang hadir terus bertambah. Bahkan Kasdam I Bukit Barisan, Brigjen TNI Tiopan Aritonang turut hadir memeriksa ruang tempat penabalan.

Besok upacara adat akan berlangsung mulai pukul 09.00-14.30 WIB.

Facebook Comments