BMKG Sebut Hingga Desember, Curah Hujan di Sumut Masih Tinggi

0

MEDAN-Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan memprediksi, hingga Desember curah hujan masih tinggi di beberapa kawasan Sumatera Utara.

“Sebelumnya kita memang prediksi puncaknya itu berakhir di November, tapi ini sudah masuk Desember curah hujan pun masih tinggi. Kita harapkan curah hujan segera menurun,” kata Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah 1 Medan, Syahnan.

Syahnan menjelaskan, pihaknya belum bisa memprediksi curah hujan yang terjadi menjelang akhir tahun nanti.

“Kalau prediksi terlalu jauh seperti akhir tahun nanti, kita juga nggak berani, takut nggak akurat. Makanya tiap hari kita sampaikan kepada masyarakat untuk prediksi cuaca setiap hari,” jelasnya.

Menurutnya, curah hujan yang tinggi di Sumut secara langsung tidak ada kaitannya dengan badai Cempaka. Karena BMKG mempunyai alat olah sendiri.

“Kalau di Jawa badai Cempaka sudah berlalu, tapi memang ada gangguan di Laut Utara Sumatera, jadi mungkin mempengaruhi cuaca di Sumut,” ungkapnya.

“Khusus Kota Medan, beberapa hari ke depan memang masih akan berpotensi hujan,” sambung Syahnan.

Terkait curah hujan yang masih tinggi di beberapa wilayah Sumatera Utara, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap banjir, tanah longsor dan menghindari pohon yang berpotensi tumbang akibat longsor.

“Bagi masyarakat yang berada di pinggiran sungai, selalu waspada apalagi pada malam hari hujan bisa berpotensi banjir,” imbau Syahnan.

Facebook Comments