Chek Zainal Buka Pelatihan Budidaya Udang dan Lele Sistem Bioflok

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh dibawah kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Zainal Arifin terus menunjukkan keseriusan dalam pemberdayaan terhadap kelompok-kelompok masyarakat agar lebih produktif.

Hal itu mengemuka saat wakil wali kota Zainal Arifin membuka secara resmi serta memberikan materi pada kegiatan Pelatihan dan Magang Budidaya Udang dan Lele Sistem Bioflok, di Ayani Hotel, Rabu (2/12/2020).

Dalam kegiatan tersebut hadir Wakil Ketua DPRK Usman, Kadis Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan, serta para peserta yang berasal dari setiap Gampong di Kota Banda Aceh.

Pada kesempatan itu, Chek Zainal dalam sambutannya menyambut baik kegiatan tersebut karena teknologi bioflokulasi merupakan salah satu metode yang saat ini sedang dikembangkan dalam akuakultur dan sistem budidaya udang dan ikan.

Ia mengatakan sistem bioflok ini salah satunya, bertujuan untuk memperbaiki kualitas air dan meningkatkan efisiensi dalam pemanfaatan nutrisi, sebutnya.

Chek Zainal juga menyebutkan budidaya udang dan lele dengan menggunakan sistem bioflok, termasuk yang paling cocok untuk dikembangkan di Banda Aceh.

Menurutnya, metode budidaya udang dan lele sistem bioflok ini ramah lingkungan dan tidak membutuhkan lahan yang luas, jelasnya.

Pihaknya juga mengharapkan, agar setelah mengikuti pelatihan dan magang ini, para peserta bisa mendapatkan dan menerapkan pengetahuan baru dalam memulai atau mengembangkan budidaya udang dan lele sistem bioflok,ungkapnya.

Kata Chek Zainal ini juga akan menjadi peluang bisnis kepada masyarakat terhadap komoditas udang dan ikan Lele yang pasarnya cukup baik serta memiliki peluang usaha yang cukup menguntungkan dan berkelanjutan, harapnya.