Duet Mualem – Darwati Diprediksi Menang Telak di Pilgub Aceh

0

Banda Aceh – Pesta demokrasi menuju pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh akan mulai hangat pada 2020 mendatang. Wacana pilkada serentak tahun 2024 sewajarnya harus ditolak oleh pemerintah Aceh dan DPRA lantaran akan ada kekosongan pemimpin Aceh selama dua tahun.

Hal ini tentu saja sangat merugikan rakyat Aceh karena otomatis kendali pimpinan daerah akan dipegang oleh Jakarta melalui Plt Gubernur dan Plt Bupati atau Plt Wali Kota.

DPRA bisa menggunakan kewenangan khusus Aceh dalam pelaksanaan pilkada serentak sesuai UUPA. Sehingga pemilukada di Aceh tetap bisa digelar pada tahun 2022.

Wacana duet Mualem dan Darwati mulai mengemuka di kalangan masyarakat. Kemesraan PA dan PNA sudah terlihat dalam Koalisi di DPRA ataupun DPRK.

Hal ini membuat masyarakat yakin jika duet Mualem dan Darwati akan tersaji di pemilukada 2022.

Jika benar akhirnya Mualem dan Darwati maju bersama ini sama saja dengan duet Mualem – Irwandi Yusuf. Diprediksi pasangan ini akan menang telak minimal 80 persen di Aceh.

Lantas, bagaimana peluang incumbent Nova Iriansyah? Nova Iriansyah masih memiliki elektabilitas yang rendah, hal ini membuatnya sulit menang jika melawan pasangan Mualem – Darwati.

Nova harus bekerja keras menaikkan elektabilitasnya agar tidak tertinggal jauh. Sebagai incumbent Nova mestinya lebih banyak turun ke daerah-daerah karena masih banyak warga Aceh yang belum mengenal sosok dirinya.

Masih banyak waktu bagi Nova jika berniat maju kembali di pilkada Aceh. Masa dua tahun mendatang lebih dari cukup bagi dirinya untuk mencuri simpati masyarakat Aceh.

Namun hal ini kembali kepada dirinya, apakah Nova memang berkeinginan hanya menjabat satu periode atau dua periode.

Tidak bisa kita pungkiri, sosok Irwandi Yusuf pada Pilgub 2017 lalu sangat berpengaruh hingga 99 persen, wakil hanyalah pelengkap pasangan bagi Irwandi. (Editorial)

Facebook Comments