Ini Tanggapan Wali Kota Banda Aceh Terkait IPAL

0

Banda Aceh – Pemko Banda Aceh hingga saat ini belum mengeluarkan kebijakan tentang keberlanjutan proyek IPAL di Gampong Pande. Wali Kota masih menunggu rekomendasi dari berbagai pihak terkait.

Jika ada yang mengatakan bahwa Wali Kota sudah membuat keputusan final maka pernyataan itu adalah tidak benar dan tendensius.

Demikian disampaikan oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman terkait dengan pernyataan dari beberapa pihak tentang sikap Pemko yang seolah-olah sudah final terhadap proyek IPAL.

Wali Kota mengatakan dirinya tak terlibat dari awal dalam proyek tersebut. Karena itu Pemko akan sangat berhati-hati dalam menyikapinya.

“Ada banyak hal yang harus kami pelajari, banyak pihak yang harus kami dengar, banyak pertimbangan yang harus kami buat” kata Aminullah sambil menambahkan bahwa proyek tersebut sudah dirancang dan disetujui dan mulai dikerjakan sebelum dirinya terpilih sebagai Wali Kota.

Di samping itu, proyek itu seluruhnya didanai oleh Kementerian PU melalui APBN, karena itu keputusan tentang lokasi haruslah dibahas secara detil oleh pihak terkait.

“Namun demikian Pemko sendiri sudah tegas menolak IPAL dilanjutkan, meskipun dengan konsekuensi pemerintah pusat mungkin akan berpikir dua kali jika membangun proyek besar di Banda Aceh di masa mendatang” kata Aminullah.

Sikap tersebut, tambah Aminullah, diambil sebagai respons atas permintaan untuk menghargai nilai-nilai sejarah.

“Sekarang terjadi polemik atas proyek yang dikerjakan sebelum saya menjabat, tapi saya berpihak kepada masyarakat. Jika masyarakat minta dihentikan, maka saya akan minta dihentikan, tetapi karena KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) dari Kementerian PU, kami harus berkoordinasi dengan pusat untuk mendapatkan solusi terbaik” kata Aminullah menutup keterangannya.

Facebook Comments