Inilah Pesan Edy Rahmayadi Ginting Untuk Ijeck Sembiring

0

MEDAN-Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menghadiri penabalan marga kepada Musa Rajekshah (Ijeck) di Jambur Sibayak,  Telun Kenas Kecamatam STM Hilir, Kabupaten Deliserdang.

Pada saat itu, Ijeck diberi marga Sembiring. Setelah penabalan, Edy Rahmayadi, berpesan agar Ijeck menjaga nama baik marga Sembiring, karena pemberian marga merupakan penghormatan dari kebudayaan Karo.

“Jaga baik marga Sembiring. Bertanggungjawab lah terhadap apa yang sudah diberikan oleh masyarakat Karo,” kata Edy.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi juga diberi marga Ginting Suka. Sebagai Karo, Edy sudah dianggap ayah oleh sebagian masyarakat. “Ini adalah ikatan moral dengan orang Karo, untuk itu tetap sandanglah marga ini dengan sepenuh hati,” pesan Edy.

Sementara Ijeck yang diberi marga Sembiring dan istrinya Sri Mihari Ayu dengan marga Barus mengaku bangga bisa mendapat kehormatan ini. Ia dan keluarga besarnya berjanji akan menjaga nama baik keluarga Sembiring dan Barus.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih, artinya dengan pemberian marga ini kami sudah dipercayakan oleh masyakat Karo,” sebut Ketua PMI Kota Medan itu.

Ijeck dan istrinya Sri Mihari Ayu diberikan penghormatan untuk menyandang marga Suku Karo dari hasil kesepakatan ‘Sangkap Geluh’ yang merupakan tutur persaudaraan orang Karo.

“Penobatan ini dapat dilaksanakan setelah mendapat kesepakatan dari  beberapa desa yaitu Talun Kenas, Rambay, Kemungkiren, Gunung Paribuan, Kabanjahe dan Langkat,” ungkap Ngapul Tarigan Silangit seorang Tokoh Masyarakat Karo.

Facebook Comments