Ngunduh Mantu Jokowi di Medan, Kahiyang-Bobby Jalani Prosesi Haroan Boru

0

Begitu tiba di Perumahan Bukit hijau Regency (BHR) Bobby dan Kahiyang langsung disambut pihak keluarga besar Bobby. Di sini, keduanya menjalani prsesi Haroan Boru.

Pantauan Minggu (19/11) Bobby mengenakan baju biru laut bermotif vertikal dan Kahiyang mengenakan baju selayar biru laut. Keduanya turun dari mobil hitam, dan langsung disambut lantunan musik khas Mandailing yang dimainkan grup Musik Gunung Kulabu Pakantan.

Setalah Bobby dan Kahiyang turun dari mobil, keduanya langsung diarak. Keduanya dipayungi dengan menggunakan payung berwarna kuning menuju kediaman Bobby untuk dilakukan acara Haroan Boru.

Di dalam rumah Bobby, kedua pasangan langsung duduk untuk dilakukan acara adat. Terlihat juga pihak keluarga dan petinggi-petinggi adat. Bobby dan Kahiyang didudukkan di sebuah tempat duduk yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Pemilik Sanggar Musik Gunung Kulabu Pakantan, Bakti Lubis, yang bergelar Sutan Kumala Porang mengatakan, acara ini maknanya penyambutan boru yang mau datang, yaitu Kahiyang.

“Boru Diraja, harus dibuat dengan adat tradisional. Nanti juga selain gondang, ada juga pencak silat. Kami akan mengantarkan pengantin sampai ke depan pintu rumah untuk prosesi selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, di depan pintu Kahiyang akan menginjak beberapa tumbuhan, termasuk batang pisang. Di dalam rumah, Kahiyang akan disambut dengan makanan tradisional Mandailing bernama Itak.

Dari pihak keluarga Bobby, Nani Nurdin Lubis mengatakan, Itak merupakan makanan terbuat dari tepung beras dan dicetak dengan kepalan tangan.

“Ini rangkaian Upah-Upah Patujolo (permulaan). Itak disajikan dengan beras di tengah dan disiram santan. Supaya memberikan kesejukan dan keeratan di rumah tangga kedua mempelai,” ungkapnya.

“Kami siapkan secara simbolik dua piring untuk Kahiyang dan Bobby. Keseluruhan kami siapkan 300 porsi,” lanjut Nani.

Setelah pemberitan Itak selanjutnya akan dilakukan upah-upah yang dilengkapi dengan ayam dan telur.

Facebook Comments