Pembunuh Sekeluarga di Banda Aceh Divonis Hukuman Mati

0

Banda Aceh – Terdakwa pembunuhan tiga orang sekeluarga di Kampung Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Ridwan divonis hukuman mati. Putusan ini sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sidang pembacaan putusan digelar di Pengadilan Negeri Banda Aceh, Rabu (24/10/2018) siang. Terdakwa Ridwan alias Iwan dihadirkan ke ruang sidang dengan mengenakan rompi oranye dan berpeci putih.

Ia duduk di kursi pesakitan sambil mendengar hakim membacakan kronologis pembunuhan yang dilakukannya. Sidang dipimpin hakim yang diketuai Totok Yanuarto dengan anggota masing-masing Muzakkir, Roni Susanta.

Dalam persidangan, hakim menyatakan hal yang memberatkan di antaranya yaitu perbuatan terdakwa tergolong sadis, kejam, meresahkan masyarakat.

Selain itu hakim juga menilai perbuatan terdakwa tidak manusiawi. Dalam sidang hakim menyatakan tidak ada yang meringankan.

“Menyatakan terdakwa Ridwan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan secara berencana. Menjatatuhkan hukuman kepada terdakwa yaitu pidana mati,” putus hakim dalam sidang tersebut.

Usai sidang, Ridwan dibawa ke luar ruang sidang dengan tangan diborgol. Berjalan dikawal sejumlah petugas kepolisian..

Aksi pembunuhan itu dilakukan Ridwan pada 5 Januari 2018 lalu. Terdakwa Iwan membunuh korban Tjie Sun alias Asun karena sakit hati dengan perkataan kasar korban saat menyuruh terdakwa mengangkat barang.

Tak lama berselang, terdakwa masuk ke bagian belakang toko dan melihat korban sedang mengelap air dalam posisi berjongkok. Terdakwa Iwan meninju korban sebanyak tiga kali sehingga korban ambruk dan tak sadarkan diri. Setelah itu, Iwan mengambil balok kayu dan memukul seluruh tubuh korban sehingga mengucurkan darah segar.

Melihat korban tidak berdaya, Iwan mengambil pisau dan selanjutnya menggorok leher korban. Setelah itu, Iwan membunuh istri korban Minarni yang baru keluar dari kamar mandi dan terakhir membantai anak korban Calliestos NG.

Usai membunuh, korban sempat berusaha memperkosa korban Minarni. Iwan sudah melucuti seluruh pakaian korban dan mencabuli. Ia juga berencana memperkosa korban namun gagal. Iwan selanjutnya melarikan diri. (detik)

Facebook Comments