Sejarawan Usulkan Pendirian Monumen Pahlawan Nasional Asal Sumut

0
MEDAN-Sejarawan dari Universitas Sumatera Utara (USU) mengusulkan agar didirikan Monumen Pahlawan Nasional asal Sumut. Pendirian monumen tersebut bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa.
“Dalam momentum dan peristiwa Hari Pahlawan beberapa waktu lalu, hendaknya kita sebagai bangsa yang memiliki memori dan kenangan tentang perjuangan pahlawan untuk mengenang dan menghargai kembali perjuangan pahlawan nasional terutama yang berasal dari Sumatera Utara,” ungkap akademisi USU dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Dr Suprayitno MHum dalam seminar nasional bertajuk ‘Mengenang dan Menghargai Perjuangan Para Pahlawan Nasional Asal Sumatera Utara’ di Hotel Four Points Sheraton, Medan, Selasa (21/11).
Diutarakannya, usulan ini bukan hanya sekedar rencana kosong tanpa ada aksi. Oleh karenanya, usulan tersebut dimatangkan lewat seminar nasional mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan nasional asal Sumut di Four Points by Sheraton Medan.
“Seminar dilakukan sebagai upaya untuk mendiseminasikan nilai-nilai kepahlawanan para pahlawan nasional asal Sumut,” tutur Suprayitno, yang merupakan ketua panitia seminar.
Dia menyebutkan, seminar ini melibatkan kerja sama antara Program Studi S1 dan S2 Ilmu Sejarah IB USU dengan Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Sumut. Kegiatan ini akan menghadirkan 5 pembicara termasuk dirinya, Prof Dr Haryono, Prof Usman Pelly, Dra Ratna MS dan Drs Wara Sinuhaji MHum.
“Secara umum tujuan lain diselenggarakan kegiatan ini adalah menggali nilai-nilai kepahlawanan dan mensosialisasikannya, dalam rangka membangun moral dan karakter bangsa terutama generasi muda,” cetus Suprayitno.
Tak hanya itu, sambungnya, seminar juga mengimplementasikan nilai dan perjuangan pahlawan nasional asal Sumut dengan mendirikan monumen pahlawan nasional di tempat dan lokasi yang strategis.
“Seminar Nasional ini mengundang keluarga pahlawan nasional asal Sumut, Unsur Muspida Sumut, instansi dan stakeholder terkait, tokoh masyarakat Sumut, tokoh budaya, tokoh sejarah, akademisi dan mahasiswa. Semoga kegiatan ini dapat menjadi momentum dalam mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan aasional asal Sumut,” imbuhnya.
Sejarawan dari Universitas Negeri Medan Prof Usman Pelly menyatakan hal yang senada. Kata dia, pendirian monumen pahlawan nasional asal Sumut harus segera dilakukan agar nilai-nilai sejarah tidak tergerus oleh era informasi yang begitu pesatnya.
Facebook Comments