Terlalu Mudah Membongkar Hoax Ratna Sarumpaet

0

Jakarta – Ratna Sarumpaet, nama yang paling banyak dipebincangkan oleh rakyat Indonesia, dua hari terakhir. Aksi hoax yang diperankannya sangat mudah terbongkar.

Banyak pertanyaan muncul, sebodoh itukah seorang aktivis garis keras sekelas Ratna Sarumpaet membuat hoax yang sangat beresiko terbongkar.

Bagaimana tidak beresiko, Ratna melakukan operasi plastik di Rumah Sakit Bedah Bina Estetika, yang sudah pasti akan menimbulkan kehebohan di kalangan medis lantaran Ratna malah mengaku dipukuli.

Pihak medis sudah pasti tidak akan tinggal diam setelah membaca hebohnya pemberitaan Ratna dianiaya, padahal pihak rumah sakit tahu, bahwa Ratna berada dalam perawatan mereka.

Inilah salah satu kebodohan kecil yang dilakukan seorang tokoh aktivis perempuan sekelas Ratna. Dirinya terlalu bodoh dalam mengarang berita hoax. Entah apa yang ada dalam pikiran Ratna, banyak tudingan muncul dari relawan Prabowo yang mengatakan Ratna adalah penyusup, pasca terbongkarnya kasus hoax ini.

Andaikan Ratna ingin membuat hoax yang lebih professional, dia seharusnya berkaca pada kasus kecelakaan mobil Setya Novanto, sekelas SN saja bisa terbongkar, padahal pihak rumah sakit sudah dikondisikan sebelum kecelakaan terjadi.

Hoax Ratna menjadi sorakan relawan Jokowi yang sejak lama menantikan blunder dari tim pemenangan Prabowo. Prabowo pun mengambil sikap tegas terhadap Ratna, bahkan Sandiaga siap melaporkan tim yang menyebar hoax seperti janjinya diawal kampanye. Suatu sikap yang tegas dari kedua pasangan ini.

Nah, rumah sakit bedah tempat ratna operasi plastik pasti tidak ingin terlibat dalam skenario hoax. Mereka bahkan membuka rekaman CCTV untuk membuktikan bahwa Ratna benar berada di tempat itu.

Kedua, Ratna mengatakan dirinya dipukuli di Bandung. Ratna lupa jika teknologi tidak bisa dibohongi. Nomor pribadinya terdeteksi berada di wilayah Jakarta saat mengaku dipukuli dan ini tentu menjadi salah satu bukti yang cukup mudah untuk membongkar hoax Ratna.

Kita mengapresiasikan kinerja Mabes Polri yang bergerak cepat mengungkap hoax Ratna. Bahkan hoax Ratna sebenarnya akan terbongkar sendiri lantaran pihak rumah sakit bisa jadi akan melaporkan bukti Ratna operasi plastik, bukan dianiaya.

Apresiasi juga kita berikan kepada RS Bedah Bina Estetika, yang sangat kooperatif dalam membongkar hoax amatiran ini.

Kasus Ratna pernah dialami oleh rapper kondang Young Lex. Beberapa waktu lalu, Young Lex mengunggah wajahnya yang terlihat babak belur.

Young Lex mengaku dirinya dikeroyok oleh pecinta K-Pop. Ternyata setelah kasus ini heboh, Young Lex malah angkat bicara jika foto yang beredar tersebut hanyalah tipuan dari makeup artis. Young Lex berpesan jangan mudah percaya dengan informasi yang belum jelas.

Antara hoax Ratna dan Young Lex, memiliki kesamaan tujuan. Sama-sama ingin menghebohkan Indonesia. Namun apapun itu, hoax sangat berbahaya apalagi saat ini tingginya potensi gesekan antar warga jelang pileg dan pilpres.

Semoga hoax Ratna adalah hoax terakhir yang menghebohkan bangsa ini. (editorial)

 

Facebook Comments