Trotoar dan Taman Kota Banda Aceh Semakin Indah

Laporan ,

Banda Aceh – Selasa (28/7/2020) Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengelilingi kota meninjau taman-taman dan jalur hijau jalan di berbagai lokasi di Banda Aceh.

Peninjauan dimulai di kawasan wisata Ulee Lheue. Taman dan jalur hijau di jalan ini telah ditanami aneka tanaman dan bunga-bunga yang menghiasi jalan menuju pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue tersebut.

Didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Keindahan dan Kebersihan Kota (DLHK3) Hamdani dan jajaran, Aminullah berkesempatan melihat langsung tanaman-tanaman hias di jalur hijau jalan tersebut.

Kata Wali Kota, taman-taman dan jalur hijau di seluruh kota Banda Aceh sebagai ruang terbuka publik harus terus dijaga dan dirawat untuk keindahan dan keasrian ‘Kota Gemilang’.

“Ini harus kita rawat terus, bunga-bunga dan tanaman jika perlu kita tambah agar tampak rimbun dan cantik. Kita perindah kota ini dengan taman-taman yang hijau,” ujar Aminullah kepada Kepala DLHK3 dan jajaran saat turun di taman median jalan Ulee Lheue.

Katanya, sebagai ibukota provinsi dan kota wisata, keindahan dan kebersihan menjadi penting diperhatikan mengingat Banda Aceh sebagai sebuah kota yang dituju banyak orang. Karena, selain sebagai destinasi wisata, kota yang dulu bernama Kuta Raja ini juga kota jasa, kota kesehatan dan kota referensi pendidikan.

“Dengan itu semua, tentunya Banda Aceh menjadi tujuan banyak orang untuk berbagai keperluaan, sudah seharusnya keindahan, kecantikan, keasrian dan kebersihannya harus terus terjaga dengan baik,” kata Aminullah.

Usai dari Ulee Lheue, Wali Kota kembali memantau taman-taman dan jalur hijau lainnya. Seperti di Jl Iskandar Muda, pintu gerbang yang berbatasan dengan Aceh Besar hingga jalur hijau di Jl P Nyak Makam, Lampineung.

Di Jl P Nyak Makam, jalur hijau telah dipenuhi dengan aneka jenis bunga, dan yang paling menarik perhatian adalah bunga terompet yang berwarna ungu.

Sementara itu, Kepala DLHK3 menyampaikan, saat ini Banda Aceh memiliki 776 lokasi RTH. Jumlah luas RTH seluruhnya mencapai 845,29 Ha atau 14,33% dari luas Kota Banda Aceh.

Sementara, untuk jalur hijau di median jalan ada 382 lokasi dengan total luas mencapai 67,3 Ha.

Kata Hamdani, sesuai arahan Pak Wali, pihaknya saban hari melakukan perawatan di seluruh RTH, baik itu taman kota, hutan kota, jalur hijau jalan, sempadan sungai sempadan umum maupun TPU agar Banda Aceh semakin cantik dan indah dipandang mata.[]