Wali Kota Banda Aceh Komit Berantas Penyebab HIV/AIDS

0

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menegaskan akan memberantas penyebab HIV/AIDS. Umumnya HIV/AIDS ini disebabkan oleh kasus narkoba dan prostitusi. Selasa (6/3).

Wali Kota Banda Aceh mengatakan sejak dilantik memimpin Banda Aceh pihaknya terus berusaha memberantas maksiat yang biasanya marak disejumlah lokasi.

Aminullah mencontohkan kawasan Peunayong yang dulunya banyak PSK, kini mulai pindah lapak ke lokasi di luar Banda Aceh.

“Saya tugaskan Satpol PP WH razia 24 jam untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga kota,” katanya.

Wali Kota juga mengaktifkan nomor pelanggaran syariat 24 jam yang selalu siap menerima laporan warga.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh dr Warqah menanggapi tingginya kasus HIV/AIDS di kota Banda Aceh mengatakan lantaran pihaknya aktif melakukan sosialisasi untuk periksa kesehatan kepada warga yang beresiko terkena HIV/AIDS.

“Sepanjang 2017 ada 20 kasus di Banda Aceh, kami tidak tahu ini warga asli Banda Aceh atau pendatang, karena mereka tidak mau menunjukkan identitasnya,” katanya.

Sedangkan data Dinkes Banda Aceh dari 2008 – 2017 ada 73 kasus HIV AIDS di Kota Banda Aceh.

Sementara data dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Banda Aceh disebutkan data sepanjang 2008 – 2017 juga sama yakni 73 kasus. Hal ini berbeda dengan data Dinkes Provinsi Aceh yang menyebut angka 77 kasus.

Berdasarkan penelurusan, sejak dipimpin Aminullah Usman, kasus HIV/AIDS menurun di Banda Aceh.

Periode Januari – Juni 2017 ada 13 kasus, namun saat Aminullah Usman dilantik sebagai Wali Kota Banda Aceh mulai 4 Juli 2017 hingga 31 Desember 2017 kasus HIV/AIDS menurun hingga 7 kasus di periode yang sama.

Aminullah Usman bertekad menjadikan Banda Aceh bebas dari HIV/AIDS dalam beberapa tahun kedepan. Untuk itu, dirinya menugaskan Dinas Kesehatan Banda Aceh dan instansi terkait untuk aktif mengkampanyekan hidup sehat menjauhi seks bebas, prostitusi dan narkoba.

Namun hal itu semua baru bisa terealisasi jika ada kesadaran dari seluruh warga kota. (drs)

Facebook Comments