Wali Kota: Kuta Alam Jroh That

Laporan ,

Banda Aceh – “Jroh That”, satu ungkapan apresiasi dari bahasa Aceh disampaikan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman atas keberhasilan Kecamatan Kuta Alam menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) gelombang II tahap kedua (Jatah Bulan September).

“Jroh That (Bagus sekali),” kata Wali Kota, Jumat (18/9/2020) usai menerima laporan dari Camat Kuta Alam terkait penyaluran BLT-DD yang sudah tuntas dilakukan.

Menurut Wali Kota, langkah cepat Pemerintah Kecamatan Kuta Alam bersama dengan Pemerintah Gampog menyelesaikan penyaluran BLT ini menjadi sesuatu yang sangat penting, terutama sebagai stimulus ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat Banda Aceh di tengah pendemi Covid-19 yang belum mereda.

“Masyarakat kita masih mengalami kesulitan ekonomi karena dampak pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Tentu ini (penyaluran BLT) akan sangat membantu warga, karena bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” kata Wali Kota yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh ini.

Lanjutnya, BLT-DD gelombang II sebanyak Rp300 ribu/KPM itu disalurkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 Tahun 2020, perubahan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40 Tahun 2020 dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Desa-PDTT Nomor 7 Tahun 2020 tentang prioritas dana desa dan peruntukannya.

“Kedua Permen itu kemudian kita tindaklanjuti dengan Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2020 Pasal 8D. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai data yang telah disepakati lewat musyawarah gampong mendapatkan BLT gelombang II sebesar Rp300 ribu selama tiga bulan (Agustus, September dan Oktober),” kata Wali Kota.

“Alhamdulillah, penyalurannya selesai lebih cepat. Saya juga dapat laporan sejumlah kecamatan lain juga sudah selesai salurkan BLT DD gelombang II tahap kedua. Tentu kita sangat mengapresiasi,” kata Aminullah.

Diungkapkan Wali Kota, hingga saat ini sudah empat kecamatan di Banda Aceh menuntaskan penyaluran BLT-DD gelombang II tahap kedua, yakni Kuta Alam, Baiturrahman, Lueng Bata dan Kuta Raja. Ia berharap kecamatan lain juga menyusul menuntaskan penyaluran bantuan yang bersumber dari dana desa tersebut.

Sementara itu, laporan dari Camat Kuta Alam, Reza Kamilin, BLT Dana Desa gelombang II tahp kedua di Kecamatan yang dipimpinnya selesai disalurkan kemarin, 17 September 2020.

“Total dana yang disalurkan Rp252.300.000 untuk 841 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tang tersebar di 11 gampong (desa) dalam wilayah Kecamatan Kuta Alam,” ungkap Reza Kamilin.

Reza Kamilin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga BLT-DD gelombang II tahap kedua (Jatah September) dapat disalurkan sesuai target yang telah ditetapkan Walikota.

“Keberhasilan menyelesaik penyaluran BLT-DD gelombang II tahap kedua ini berkat dukungan semua pihak,” tutup Camat Reza Kamilin.[]